.: Selamat Datang di Website Resmi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ittihadiyah Labuhan Batu Utara - Gunting Saga Labura :.
Home / Berita Kampus / Workshop Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa STIT AILU

Workshop Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa STIT AILU

STIT Al Ittihadiyah melaksanakan Workshop Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa pada tanggal 24 Februari 2021 secara daring. Workshop tersebut dibuka oleh Ketua STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I dan Pembina Yayasan Pendidikan Al Ittihadiyah Provinsi Sumatera Utara Bapak Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd. adapun Narasumber workshop Pelatihan tersebut adalah Bapak Dr. Usiono, MA dan Bapak Junianto Sitorus, MA, serta peserta dalam workshop ini adalah mahasiswa dan dosen STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara.

Workshop pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengalamana kepada mahasiswa untuk menumbuhkan semangat wirausaha dalam diri mahasiswa agar dapat kreatif melihat peluang yang dapat bermanfaat bagi diri mahasiswa itu sendiri dan masyarakat. Bila melihat situasi saat ini, dimana pandemic covid 19 telah memukul seluruh sektor kehidupan termasuk diantaranya sektor ekonomi yang sangat terdampak. Implikasi dari hal tersebut banyaknya masyarakat yang dirumahkan dan usaha-usaha gulung tikar. Bagi masyarakat yang memiliki jiwa wirausaha,  pastinya tidak akan berputus asa melihat keadaan ini, bahkan bisa jadi menjadi pendorong untuk terus berkarya.

Dr. Usiono, MA yang juga merupakan dosen UIN Sumatera Utara Medan menyampaikan materi tentang “Tips menjadi guru berbasis wirausaha” yang pada prinsipnya seorang guru harus memiliki sikap wirausaha yang diawali dari pikiran, perasaan dan tindakan. Menjadi guru bukan berarti tidak dapat berwirausaha, selama ada keinginan kuat dan sekaligus menerapkan konsep 5 D yaitu Dream, Decisiveness, Doers, Determination dan Dedication, insyaAllah dapat menjadi seorang guru berbasis wirausaha.

Narasumber berikutnya yaitu Junianto Sitorus, MA yang juga dosen STAI Al Hikmah Medan dan kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Islam di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi menyampaikan materi “Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa untuk Kemandirian Wirausaha”. Beliau menyampaikan bahwa dalam menumbuhkan jiwa kreatif wirausaha, mahasiswa harus memiliki niat yang kuat untuk berwirausaha, mendatangi mentor yang dapat membimbing, berkelanjutan dalam belajar, pelajari kisah-kisah orang sukses dan segera memulai wirausaha tanpa harus berpikir terlalu panjang dalam memulai suatu usaha. Diharapkan workshop pelatihan kewirausahaan mahasiswa STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara dapat menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa, kreativitas dan inovasi mahasiswa sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat lainnya.

About admin

Check Also

Raker STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara melaksanakan rapat kerja (Raker) pada hari Rabu 23 Februari 2021 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *