.: Selamat Datang di Website Resmi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ittihadiyah Labuhan Batu Utara - Gunting Saga Labura :.
Home / Berita Kampus / STIT AILU GELAR SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KAMPUS MERDEKA

STIT AILU GELAR SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KAMPUS MERDEKA

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AL Ittihadiyah Labuhanbatu Utara menyelenggarakan seminar  dan workshop dihadiri unsur Pembina yayasan, pengurus, dosen mahasiswa, STIT AILU, UIN SU, dan partisipan dari beberapa perguruan tinggi di Sumatera Utara. Pada acara pembukaan, Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I, mengutarakan, seminar dan workshop kurikulum merdeka belajar dan kampus merdeka sebagai program kerja STIT dalam merespon kebijakan baru pemerintah, melalui kemendikbud dalam mereformasi kurikulum nasional. Sebagai otak maka kurikulum harus disegarkan  dengan  melakukan perubahan dan riview supaya selalu relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Seminar dan workshop yang dimoderatori Dedi Syahputra Napitupulu, M.Pd, sementara keynote speaker Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd,  dan dua narasumber Dr. Siti Halimah, M.Pd, dari UIN Sumatera Utara Medan, dan Dr. Syamsidah Lubis, M.Pd, dosen STIT HIBA Batam yang secara bergantian menyampaikan arah kebijakan, strategi dan implementasi kurikulum merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM). Sebagai pengelola perguruan tinggi, pimpinan STIT AILU memang tepat untuk mensosialisasikan kebjakan dan mengimplemetasikan konsep kurikulum merdeka belajar dan kampus merdeka, demikian Prof. Sayafar dalam paparannya. Kita bertanggung jawab mendorong percepatan implementasi kebijakan kemendikbud RI sebagaimana yang sudah ditetapkan regulasinya. Ini suatu kesigapan untuk menjawab pentingnya relevansi pendidikan dengan kehidupan nyata.

Di lain pihak Dr. Siti Halimah, M.Pd, menjelaskan secara rinci konsep, dan langkah taktis mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dan kampus merdeka untuk dapat diaplikasikan pimpian sekolah tinggi dan program studi PGMI dan PIAUD yang ada di STIT AILU.

Melaksanakan perubahan kurikulum dengan menekankan kepada kolaboratif bersama antar Perguruan Tinggi menjadi langkah maju untuk memenuhi standar isi kurikulum yang meangakomodir jiwa dan semangat merdeka belajar dan kampus merdeka sebagai keniscayaan. Semua sudah pedomannya, tinggal memastikan Tim pengembangan Kurikulum dapat segera digerakkan untuk menuntaskan arah kebijakan pimpinan kampus dalam memaksimalkan reformasi kurikulum nasional yang responsive dan dapat dipakai pada tahun akademi 2021/2022, demikian dipaparkan Dr. Syamsidah Lubis, M.Pd, yang juga alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan.

About admin

Check Also

Pemberangkatan Mahasiswa KKN STIT AILU Tahun 2021

Pimpinan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara memberikan pembekalan KKN dan pemberangkatan mahasiswa KKN STIT Al Ittihadiyah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *